Minggu, 30 Maret 2014

Fakta Coklat

Sampai kapan pun, cokelat selalu menambah minat. Siapa sih yang nggak ngiler disuguhi sepotong kue legit sarat cokelat seperti fudgy brownis, lack forest cake, tiramisu? belum lagi bila kita disodori brownis kukus yang sekarang lagi ngetop, denagn lapisan cokelat yang lembut. Hmmm.... terbayang deh nikmatnya!
Berikut akan membahas tentang seputar cokelat!



FAKTA POSITIF COKELAT

  • Mengontrol hipertansi Jeffrey Blumberg, PhD, Direktur Antioksidan Research Laboratory pada Tuft University meneliti kemampuan cokelat mengatasi hipertensi. Cokelat pekat (dark chocolate) yang diberikan pada pengidap hipertensi sebanyak 80 gram perhari, setelah 2 minggu terbukti nyata dapat menurunkan tekanan darah.
  • Menyehatkan Jantung. Manfaat sehat yang didapat dari cokelat terhadap jantung berasal dari lancarnya aliran darah, berkurangnya kemungkinan pengerakan lemak pada dinding pembuluh darah. dan menyusutkan kolesterol jahat LDL.
  • Memperbaiki daya tahan tubuh dan memulihkan kelelahan setelah berolahraga minum segelas cokelat susu dapat membantu pemulihan setelah berolahraga.
  • Jika rutin mengkonsumsi secangkir cokelat dengan flanovoid, setelah 3 bulan kulit akan menjadi halus, lembab, dan tidak bersisik.
  • Cokelat meningkatkan aliran darah ke dalam otak, sehingga memperkuat fondasi memori, melebarkan rentangan perhatian, memperbaiki daya tanggap, dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
MENGENAL COKELAT
Beragam jenis coklat yang dapat kita kemukan. Manakah yang sebaiknya dipilih agar memberikan manfaat sehat?
  • COKELAT BUBUK. Cokelat bubuk ada 2 jenis, yang warnanya cokelat pekat dan cokelat pucat. Cokelat bubuk yang warnanya pekat telah mengalami proses alkalinisasi, sementara yang warnanya lebih pekat, tidak. Karena bersifat basa tinggi, cokelat bubuk berwarna pekat bisa mempengaruhi pemuaian adonan kue yang menggunakan baking soda atau baking powder. Namun bila adonan kue dibuat tanpa tambahan bahan pemuai, anda bisa mencampurkan cokelat bubuk jenis apapun.
  • UNSWEETENED CHOCOLATE sering pula disebut baking chocolate atau bitter chocolate. Produk ini mengandung cokelat murni tanpa tambahan apa pun.
  • MILK CHOCOLATE Semisweet chocolate yang dibubuhi campuran susu bubuk. Cokelat jenis inilah yang menjadi bahan dasar cokelat manis batangan. Kandungan lemaknya meningkat, akibat tambahan lemak dari susu.
  • WHITE CHOCOLATE Sebenarnya yang ini tak layak disebut nama cokelat. White chocolate hanya terbuat dari campuran gula, susu, lesitin, dan vanila, serta lemak cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar